liburan di Jogja

Siapa yang tidak mengenal Jogja? Kota dengan julukan kota Gudeg ini memiliki daya tarik yang khas dan unik. Jogja merupakan kota budaya yang tidak pernah sepi dari kunjungan para wisatawan. Kebudayaan Jawa yang masih melekat dengan baik sampai sekarang telah menjadi daya tarik tersendiri bagi kota ini. Selain menghadirkan wisata kuliner yang unik, terdapat pula situs situs bersejarah serta tempat tempat menarik lainnya.

Jogja memiliki berbagai macam destinasi wisata yang menarik. Tempat liburan di Jogja yang populer diantaranya keraton Yogyakarta dan Malioboro. Terdapat banyak wisatawan asing maupun dalam negeri yang sering mengunjungi kedua tempat tersebut. Namun, masih terdapat banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik seperti dibawah ini.

1. Candi Prambanan

Hasil gambar untuk 1. Candi Prambanan

Candi Prambanan merupakan situs budaya dan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini memiliki area yang luas dengan panorama yang sangat indah. Selain itu, pada hari-hari tertentu kamu dapat menikmati pertunjukan Sendra Tari yang dipertunjukan di halaman candi Prambanan ini. Candi Prambanan menjadi salah satu tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Jogja.

2. Pantai Parangtritis

Hasil gambar untuk 2. Pantai Parangtritis

Salah satu tempat liburan di Jogja yang populer di kalangan wisatawan yaitu Pantai Parangtritis. Pantai yang berada di tepi Samudra Hindia dan mempunyai karakteristik ombak serta arus yang cukup besar dan kuat. Keunikan dari Pantai Parangtritis ialah bukit pasir yang disebut dengan gumuk yang berada di sekitar pantai. Selain itu kamu juga dapat mencoba bermain paralayang di Bukit Parangndog, Pantai Parangtritis.

3. Jalan Malioboro

Hasil gambar untuk 3. Jalan Malioboro

Malioboro merupakan nama jalan yang ada di Jogja. Jalan ini menawarkan pengalaman berbelanja dan wisata kuliner yang menarik di sepanjang jalannya. Terdapat banyak pusat oleh-oleh maupun tempat  kuliner khas Jogja disini. Terdapat banyak sekali wisatawan yang berbelanja ataupun sekedar berjalan-jalan untuk menikmati suasana khas kota Jogja.

4. Keraton Yogyakarta

Hasil gambar untuk 4. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tempat yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat ini merupakan situs budaya hidup dari kebudayaan Jawa. Disini kamu dapat melihat secara langsung kegiatan abdi dalem sehari-hari. Selain itu, terdapat berbagai macam barang-barang peninggalan bersejarah dan kuno. Kamu juga bisa belajar alat musik tradisional jawa seperti gamelan. Tempat yang merupakan situs budaya yang sangat menarik untuk dikunjungi.

5. Kebun Binatang Gembira Loka

Hasil gambar untuk 5. Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang Gembira Loka merupakan salah satu tempat liburan di Jogja yang memiliki koleksi hewan dari berbagai penjuru negara di dunia. Tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga dan edukasi. Selain itu terdapat pula wahana permainan anak yang semakin membuat tempat ini menarik. Kamu dapat menikmati wisata edukasi dan bersenang-senang bersama keluarga disini.

6. Goa Jomblang

Hasil gambar untuk 6. Goa Jomblang

Goa Jomblang berlokasi di wilayah Gunungkidul. Goa dengan bentuk vertikal dan mempunyai sebuah hutan purba di dalamnya. Pada pukul 10.00 – 12.00 WIB kamu dapat melihat sebuah cahaya yang menembus goa yang sering disebut dengan cahaya surga. Sungguh tempat yang unik dan indah untuk dikunjungi.

7. Candi Ratu Boko

Hasil gambar untuk 7. Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko merupakan sebuah situs budaya yang terletak 3 km di selatan candi Prambanan. Candi ini sebenarnya bukan merupakan bangunan candi tetapi merupakan reruntuhan bangunan sebuah kerajaan. Meskipun merupakan reruntuhan dari sebuah bangunan kerjaan, situs ini memiliki panorama yang mempesona. Tidak jarang banyak yang menggunakan situs Ratu Boko ini sebagai tempat pemotretan. 

Demikianlah pemaparan terkait dengan tempat liburan di Jogja yang populer di kalangan wisatawan. Semoga pemaparan dan penjelasan diatas dapat memberikan informasi yang bermanfaat.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *