wisata kebumen

Semua pasti sepakat jika wisata Kebumen masih tergolong baru dan tidak sepadat kota wisata lainnya yaitu Yogyakarta dan Bali. Tentu, bagi wisatawan yang ingin suasana tenang serta nyaman sangat cocok berkunjung ke Kebumen ini. 

Berikut beberapa tujuan wisata yang ada di Kebumen dengan panorama menarik dan unik seperti:

1. Gua Jatijajar

Hasil gambar untuk 1. Gua Jatijajar

Salah satu tempat wisata yang cukup populer di Kebumen karena pemandangan yang ada. Berlokasi di Desa Jatijajar,Kecamatan Ayah yang berjarak 42 km dari arah barat pusat kota Kebumen. Adapun gua ini terbentuk dari batuan kapur dengan panjang sekitar 250 meter serta lebarnya mencapai 15 meter. Untuk tingginya sekitar 12 meter.

2. Gua Petruk

Hasil gambar untuk 2. Gua Petruk

Kebumen adalah salah satu kabupaten yang memiliki wisata gua cukup banyak. Salah satunya adalah Gua Petruk yang berada di wisata eko karst Gombong Selatan. Keunikan dari Gua ini adalah ada pada lantai yang menyusunnya yaitu dasar, Hindu dan Petruk. 

3. Gua Barat

Hasil gambar untuk 3. Gua Barat

Gua Barat adalah tempat wisata yang sangat indah dan benar benar memberikan pesona luar biasa. Adapun yang menjadi keunikannya adalah keberadaan air terjun setinggi 32 meter di dalam gua. Stalaktit dan stalakmit yang menyembul di dinding, atap serta lantai gua menambah keindahan panorama yang dihadirkan. 

4. Curug Silancur

Hasil gambar untuk 4. Curug Silancur

Untuk tempat wisata yang satu ini memang belum banyak diketahui orang. Suasananya juga masih sangat asri dan menyegarkan dan belum dikelola secara komersial. 

5. Bukit Pranji

Hasil gambar untuk 5. Bukit Pranji

Bagi mereka yang mengunjungi lokasi ini maka siap siap diberikan panorama matahari tenggelam atau terbit. Berlokasi di Desa Pengarungan yang berbatasan dengan Desa Watulawang. 

Perlu diketahui bahwa sebagian besar wisata di Kebumen ini masih tergolong asri. Bahkan, ada yang belum terjamah dengan sentuhan pengelola sehingga masih banyak daerah yang belum diketahui orang. Bila ada maka pemandu sangat diperlukan dengan tujuan agar daerah wisata tersebut tidak rusak dan masih dalam keadaan asri.

Bagaimana, siap untuk mengunjungi wisata Kebumen bersama keluarga tercinta. Pastikan, Anda memiliki stamina yang fit karena dibutuhkan usaha untuk melihat pemandangan yang ada.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *