biaya transfer antar bank

Nah, jika transfer antar Bank, ini tentunya setiap bank punya kebijakan masing-masing.  Maka, konsekuensi yang terjadi juga sangat berbeda. Apabila aktivitas transfer dalam satu bank yang sama, maka kebijakan semau bank tentunya tidak ada tarif. Pun sebaliknya, jika dilakukan antar bank berbeda otomatis akan dikenakan biaya transfer antar bank.

Biaya atas transfer antar Bank ini sebenarnya sudah disadari banyak orang. Namun tidak semuanya menyadari bahwa berapa sebenarnya tarif transfer antar Bank ini. Karena setiap Bank akan mempunyai tarif yang beda-beda dalam biaya transfernya. Yuk mari kita kenal terlebih dahulu beberapa jenis layanan transfer Bank.

Sistem kliring

Sistem kliring ini merupakan salah satu layanan transfer antar Bank. Mari kita simulasikan terlebih dahulu. 

Contoh: Anda mempunyai uang dari rekening bank A ingin mentransfer sejumlah uang kepada teman Anda yang mempunyai tabungan di Rekening B. Pada proses transfer inilah pihak bank A akan melakukan proses pengecekkan apakah terdapat ketersediaan dana untuk melakukan transfer ke rekening bank B. Proses pengecekkan inilah yang disebut kliring.

Kliring ini umumnya jenis transfer dengan nominal lebih dari Rp 100.000.000 dan dilakukan melalui teller di bank. Minusnya, proses transfer via kliring akan memakan waktu yang lebih lama yakni 2-3 hari kerja untuk pengecekkan baru sampai ke rekening tujuan. Sedangkan untuk biaya transfer antar bank pada sistem kliring biasanya dikenakan tarif Rp 2.900 – Rp 5.000.

Biaya transfer antar bank Sinarmas ke Bank Lain

Bank Sinarmas merupakan salah satu Bank di Indonesia yang bisa melakukan transfer ke Bank lain dengan tarif yang murah. Menurut website dari bank sinarmas, transfer Bank Sinarmas ke bank lain dikenakan biaya sejumlah Rp. 7500. Adapun transaksi antar nasabah Bank Sinarmas di ATM Bank Sinarmas tidak dikenakan biaya, alias gratis.

biaya transfer antar bank

Cara Transfer Menggunakan Kode Bank Sinarmas

  • Kunjungi ATM dan masukkan kartu dan enam digit PIN ATM Anda.
  • Pilih menu TRANSFER.
  • Lalu, pilih menu transfer antar bank atau transfer ke bank lain.
  • Masukkan kode transfer Bank Sinarmas beserta nomor rekening tujuan.
  • Masukkan nominal uang.
  • Ikuti instruksi selanjutnya.
  • Pastikan transaksi berhasil.

Dengan cara begini Anda sudah bisa melakukan transfer dari Bank Sinarmas ke Bank lain. Anda juga bisa menggunakan dari SimobiPlus. Caranya bagaimana? Mari kita simak:

  • Unduhlah aplikasi SimobiPlus lewat Google Playstore atau AppStore.
  • Setelah aplikasi terunduh, Anda bisa memakai username serta password internet banking yang sebelumnya Anda daftarkan ke customer service (CS) Bank Sinarmas.
  • Jika Anda masih belum punya username serta password internet banking, bisa melakukan registrasi terlebih dahulu memakai nomor kartu ATM dan pin ATM.
  • Setelah registrasi, Anda akan mendapatkan SMS di nomor yang Anda daftarkan.
  • Anda pun tinggal mendaftarkan Easy PIN lewat aplikasi SimobiPlus. Setelah itu, aplikasi ini bisa dengan mudah digunakan.

Demikian itulah beberapa penjelasan tentang biaya transfer antar bank yang bisa menjadi referensi Anda untuk bisa bertransaksi melalui Bank Sinarmas.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *