anting emas

Di era modern seperti sekarang ini semakin mudah memalsukan barang berharga seperti anting emas. Anda perlu mengetahui cara memastikan keaslian perhiasan emas agar tertipu. Bagi pemula, mencari tahu keaslian anting mungkin cukup sulit. Padahal sebenarnya Anda hanya perlu memperhatikan beberapa hal penting. Artikel ini akan memberikan informasi mengenai cara memastikan keaslian sebuah anting berbahan emas. 

Cara Memastikan Keaslian Anting Emas

Pemula tidak perlu khawatir karena cara memastikan keaslian perhiasan emas ini bisa dilakukan oleh siapa saja. Langsung saja, berikut cara yang bisa Anda ikuti:

1. Cek Fisik Anting

Sebelum melakukan tes, Anda perlu mengecek fisik anting untuk memastikan bahwa anting tersebut asli. Senior yang sudah sering membeli perhiasan berlian mungkin bisa mengetahui keaslian emas dari fisiknya saja. 

Namun jika Anda belum berpengalaman, coba lihat tanda atau cap pada anting tersebut. Biasanya anting yang asli memiliki cap nama pabrikan atau brand pembuatnya. Cap tersebut tampak premium dan tidak asal-asalan.

anting emas

2. Coba Usap Anting

Cara kedua juga bisa Anda lakukan tanpa alat apapun. Cobalah mengusap anting yang akan Anda beli. Anting asli tidak akan pudar apabila diusap memakai jari. Namun anting palsu biasanya akan langsung pudar. Warnanya terlihat sedikit menghilangkan, bahkan terkadang berbekas di jari Anda. Sudah bisa dipastikan bahwa anting tersebut palsu.

3. Gunakan Magnet

Cara memastikan keaslian anting emas selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan magnet. Perlu Anda ketahui bahwa emas bukan logam magnetis. Jadi bisa dikatakan kalau emas adalah logam non-magnetis. Oleh sebab itu, banyak pemula yang memastikan keaslian berlian dengan memakai magnet.

Caranya sangat mudah, Anda tinggal mendekatkan magnet pada anting. Sifatnya yang non-magnetis membuat anting tetap diam ketika ditarik magnet. Sebaliknya, anting palsu akan bergerak karena terbuat dari logam magnetis. Namun ada juga bahan non-magnetis yang digunakan untuk membuat anting palsu, jadi cara ini tidak bisa dikatakan 100% akurat.

4. Tes Air

Jika anting Anda terbuat dari emas sepenuhnya, misalnya stud earrings simple atau hoop earrings ukuran kecil, Anda bisa melakukan cara ini. Namun cara ini akan kurang akurat jika Anda membeli anting berlian. 

Emas asli adalah logam yang padat sehingga akan tenggelam ketika dimasukkan ke dalam air. Siapkan gelas lalu masukkan anting ke gelas tersebut. Emas palsu akan mengambang karena lebih ringan. Sayangnya ada juga bahan logam emas palsu yang padat seperti emas asli.

5. Sertifikat Emas Asli

Cara paling mudah mengetahui keaslian anting adalah dengan melihat sertifikatnya. Pastikan anting yang Anda beli memiliki sertifikat asli. Anda bisa mengecek keaslian sertifikat dengan memasukkan kode sertifikat di website resminya. Selain itu, pastikan anting yang Anda beli memiliki harga wajar atau tidak terlalu murah. Jadi sebelum membeli, sebaiknya cari tahu berapa harga pasaran anting berbahan emas.

Tes Keaslian Emas dengan Karatimeter di The Palace Jeweler

Selain memperhatikan hal-hal di atas, Anda juga harus memilih toko kredibel dan terpercaya untuk membeli perhiasan emas. Toko kredibel pasti hanya menjual barang-barang asli dan berkualitas saja, termasuk anting. The Palace Jeweler merupakan toko terbaik yang bisa Anda pilih.

Toko di bawah PT Central Mega Kencana (CMK) ini bahkan memilih mesin untuk mendeteksi tingkat karat. Mesin yang dikenal dengan nama karatimeter tersebut memiliki tingkat akurasi sampai 99,8%. Bukan hanya itu saja, semua anting emas yang dijual sudah memiliki sertifikat. Lihat koleksi anting-anting yang ditawarkan di website resminya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *